Selasa, 20 Maret 2012

Angkot Padang Yang Keren :D


Sebagian besar penduduk kota Padang yang ingin bepergian namun tak punya kendaraan pribadi,  maka angkotlah yang menjadi alternatif utama. Tak terkecuali bagi penulis sendiri-ehem, walopun baru bisa naik angkot-tapi jasa kendaraan umum tersebut sudah banyak meringankan perjalanan.
Ngomong-ngomong tentang angkot, awalnya saya sangat takut untuk menumpanginya. Bukan apa-apa,  tapi saat baru tiba di padang-hehe, saya dari kampung- hal pertama yang dipesanin uda (kakak laki-laki) sama saya adalah berhati-hati kalau naik kendaraan umum. Pasalnya, tak jarang  tindak kekerasan dan kriminalitas terjadi di sana. Nah, gegara hal itu, saya menjadi overprotektif dan paranoid. Namun, karena kebutuhan, saya tetap terpaksa menaikinya dan menepis semua keraguan dan ketakutan yang sudah tercipta. Saya jadi dapat mengerti, uda berpesan bukan untuk menakuti, melainkan agar saya lebih berhati-hati. That's right!
Dibalik semua itu, saya baru tau kalo banyak orang atau pendatang dari luar kota Padang  yang memuji bahwa angkot di sini itu 'keren'. Eh? Benarkah? Wah wah, saya malah tak menyadarinya. Mungkin karena sudah terbiasa. Hehe.
Sejak mengetahui hal itu, saya berusaha memperhatikan angkot tersebut satu demi satu. Dan ternyata mereka punya keunikan masing-masing. Let's see.
Nah, Di atas ada beberapa jenis warna warni angkot yang menyemarakkan kota Padang. Menurut teman-teman dari luar kota, cuma di Padanglah yang ditemui wangkot dengan segala warna. Katanya, kalau di kota lain warna angkot cenderung sama dan monoton tanpa motif. Wuih, benarkah? Wah wah. G kebayang. Wish someday saya membuktikan sendiri kalo cuma di padanglah angkot yang berwarna-warni.
Ehem, itu sih baru bagian luar, belom lihat isi dalam angkotnya sih.
 
Nah, ini bagian tempat duduk para penumpang. Jadi, para penumpangnya berderet di kiri dan kanan angkot. yang bagian dalamya sudah dimodif sedemikian rupa untuk menarik perhatian serta menambah kenyaman selama perjalanan. Lihat saja bagian belakang dari mobil tersebut, itu bukan hanya pajangan yang tertumpang di badan mobil. Tapi itu benar-benar sound system dengan kualitas yang sangat bagus. Bayangkan saya sebuah angkot melayang mengelilingi kota Padang dengan lantunan musik ajep-ajep yang sangat membahana. Tau tidak, kalau sedang naik angkot, jangan harap kau bisa berbicara dengan intonasi normal pada temanmu karena suaramu akan dikalahkan oleh bunyi dari speaker keren tersebut. Hehe.
 Ini contoh lain dari susunan sound system beserta hiasannya. Ada boneka Marsupilaminya juga. Hihi, pasti yang punya nih angkot demen nonton serial kartun Marsupilami juga kayak penulis. Hehe. ^_^)d
Dan yang lebih kerennya, dalam angkot sekarang sudah dipasang sisi TV. Jadi, bagi yang berniat melakukan kriminalitas, maka berpikirlah dua kali. Jangan sampai aksimu tertangkap kamera. Hehe.  ^,^)/
 
Nah, yang ini lain lagi keunikannya. Bukan di pasang sisi TV, melainkan muter film atau video dari lagu yang sedang bergema. Selain itu ada dekorasi bunga-bunga yang sedap di pandang mata.
Lain siang lain malam. Kalo siang,  lampunya g diidupin karena kurang berefek. Tapi kalau matahari sudah mengalah dan tidur di peraduannya, maka berkilauanlah sinar binar dari dalam angkot-angkot tersebut.
G cuma di tempat penumpang aja yang di dekor, tempat duduk supirnya juga g kalah keren.

Nah, warna warni angkot Padang bukan hanya hiasan tanpa makna dan hanya sebagai motif pajangan. Tapi warna itu punya makna sendiri, yaitu setiap warna mewakili jurusan dari angkot tersebut. Jika ingin pergi ke daerah ini, maka yang kamu pilih adalah warna biru, bila ingin ke sana naiaklah angkot merah, dan jika kemana-mana, naiklah semua warna. Hehe. Dan saya jamin tidak akan ada yang hilang atau tersesat karena semua angkot ini akan selalu berakhir di sebuah tempat yang bernama Pasar Raya. Dan, kalau sedang berada di pasar raya, mungkin kamu merasa seperti tengah berada di pameran lukisan berjalan. Hehe. sangat ramai dan berwarna warni.

All gambar (c) google
Little Galz
 

0 komentar:

Posting Komentar